Tanda Awal Penyakit Glukoma

Tanda Awal Penyakit Glukoma-tau kah anda tentang penyakit glukoma dan gejala awal dari penyakit glaukoma jikalau tidak tau simak supaya anda lebih mengenal tentang penyakit ini.

GlaukomaBagaimana terjadinya gejala dan penyebab glaukoma ? Glaukoma disebut sebagai ” Pencuri penglihatan ” karena berkembang tanpa ditandai gejala yang nyata. Karena itu penderita glaukoma seringkali tidak menyadari penyakitnya sampai terjadi kerusakan penglihatan yang lebih lanjut. Kenyataan, separuh dari penderita glaukoma tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tersebut. Berhubung kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat diperbaiki, maka deteksi, diagnosa, dan perawatan harus dilakukan sedini mungkin oleh dokter spesialis mata Anda.

Gejala Awal Dan Penyebab Glaukoma

Siapakah yang beresiko terkena glaukoma ? Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Deteksi dini dan perawatan glaukoma adalah jalan satu-satunya untuk menghindari hilangnya penglihatan. Bagi Anda yang beresiko tinggi harus memeriksakan mata Anda sejak usia 35 tahun sedangkan lainnya memeriksakan mata sejak usia 40 tahun.

Faktor Resiko Gejala Dan Penyebab Glaukoma :

  1. Lebih dari 45 tahun.
  2. Memiliki riwayat glaukoma di dalam keluarga.
  3. Tekanan bola mata tinggi.
  4. Miopia ( mata rabun jauh ).
  5. Penyakit Diabetes.
  6. Tekanan darah tinggi.
  7. Migrain atau penyempitan pembulu darah otak ( sirkulasi buruk ).
  8. Kecelakan pada mata sebelumnya.
  9. Menggunakan steroid ( cortisone ) dalam jangka waktu lama.

Patofisiologi Gejala Dan Penyebab Glaukoma Mata

Ruang mata anterior dan posterior mata yang terisi oleh cairan encer yang kemudian disebut Humor Aqueus. Dalam kondisi normal, cairan ini dihasilkan di dalam ruang posterior yang melewati pupil kemudian masuk ke dalam ruang anterior lalu kemudian mengalir dari mata melalui suatu saluran. Namun jika saluran cairan ini terganggu (biasanya karena penyumbatan yang menghalangi keluarnya cairan dari ruang mata anterior) maka akan terjadi peningkatan tekanan.

Peningkatan tekanan dalam intraokuler akan mendorong perbatasan antara syaraf optik dengan retina yang ada di bagian belakang mata sehingga mengakibatkan aliran darah yang masuk ke syaraf optikus berkurang hingga sel-sel syarafnya mati. Karena syaraf optikus mengalami kemunduran, maka akan membentuk bintik buta pada lapang pandang mata. Pertama akan mengenai lapang pandang tepi, kemudian diikuti oleh lapang pandang sentral. Glaukoma jika sudah diketahui, harus segera diobati sebelum terjadi kebutaan.

Glaukoma sudut terbuka

Pada glaukoma sudut terbuka, apabila aliran tempat dimana mengalirnya Humor Aqueus terbuka, maka cairan dari ruang anterior akan mengalir cukup lamban. Kemudian secara bertahap akan meningkat ( hampir selalu pada kedua mata ) dan kemudian akan menyebabkan kerusakan syaraf optikus serta penurunan fungsi penglihatan yang progresif. Menghilangnya suatu fungsi penglihatan akan diawali pada bagian tepi lapang pandang dan jika tidak diobati segera akan menjalar ke seluruh bagian tepi pandang dan dapat menyebabkan kebutaan.

Pada glaukoma sudut terbuka paling banyak terjadi setelah usia 35 tahun, namun juga terkadang dapat terjadi pada anak-anak. Glaukoma sudut terbuka lebih banyak ditemukan pada yang memiliki turunan penyakit diabetes dan miopia. Seseorang yang memiliki kulit hitam akan terasa lebih berat jika menderita gejala glaukoma sudut terbuka. Glaukoma sudut terbuka akan memunculkan gejala setelah terjadi kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Pada mulanya, terjadinya peningkatan di dalam mata tidak menimbulkan gejala, namun lama-kelamaan akan timbul gejala berupa :

  • terjadi penyempitan pada bagian tepi lapang pandang
  • sakit kepala ringan
  • gangguan penglihatan yang tidak jelas (misalnya melihat lingkaran di sekeliling cahaya lampu atau sulit menyesuaikan jika cahaya atau dalam ruangan gelap )

Ketika terjadi penyempitan lapang pandang yang akhirnya menyebabkan penderita sulit untuk melihat objek atau cahaya pada bagian sisi lain dan ketika penderita melihat lurus ke depan disebut Penglihatan terowongan.
Ada beberapa jenis Glaukoma ?

Ada beberapa jenis glaukoma. Ada yang terjadi sejak lahir, ada yang berkembang kemudian, dan ada pula yang disebabkan oleh diabetes atau luka pada mata.

  1. Primary open – angle Glaucoma / glaukoma sudut-terbuka primer

    Ini adalah tipe yang paling umum dijumpai. Biasanya terjadi pada usia dewasa dan berkembang perlahan-lahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan berat dari syaraf optik dan penglihatan terpengaruh secara permanen. Pemeriksaan mata teratur sangatlah penting untuk mendeteksi dan memberi perawatan sejak dini. Perawatan seumur hidup biasanya diperlukan untuk menurunkan tekanan dalam mata dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

  2. Acute angle-closure Glaucoma/glaukoma sudut tertutup akut

    Jenis ini lebih sering ditemukan karena keluhannya yang menyiksa. Gejalanya adalah sakit mata hebat, pandangan kabur, dan terlihat warna-warna pelangi di sekeliling cahaya. Beberapa pasien bahkan mual dan muntah-muntah. Jenis glaukoma ini termasuk yang sangat serius dan dapat cepat menimbulkan kebutaan. Sangat bagi Anda untuk mengontak dokter spesialis mata segera bila Anda mendapat gejala-gejala tersebut.

  3. Secondary Glaucoma / glaukoma sekunder

    Jenis ini disebabkan oleh kondisi lain seperti diabetes, trauma dan arthritis pada anak. Obat tetes mata atau tablet yang mengandung steroid juga dapat menimbulkan tekanan pada mata. Karena itu tekanan pada mata harus diukur teratur bila sedang menggunakan obat-obatan tersebut.

  4. Congenital Glaucoma / glaukoma bawaan

    Jenis glaukoma yang jarang ini, didapat pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran. Sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tekanan pada mata meningkat terus dan menyebabkan pembesaran mata bayi, bagian depan mata berair dan berkabut, dan peka terhadap cahaya.

Demikianlah artikel mengenai Tanda Awal Penyakit Glukoma ini, semoga tulisan saya ini mudah untuk di pahami dan dapat bermanfaat bagi Anda.

Untuk Membeli Obat Glaukoma Klik Disini

Untuk Informasi Hub Ke :

Agen Resmi : Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kota Tasikmalaya – 46115, Indonesia


SMS & Telp : 082130874141
PIN BB : 27d08152

Artikel Terkait :

    glukoma, gejala awal glaukoma, gejala awal glukoma, penyakit glukoma, tanda tanda glukoma, Glukoma itu apa, ciri awal glaukoma, tanda tanda glaukoma, tanda tanda penyakit glukoma, tanda glaukoma, tanda2 glukoma, tanda penyakit glukoma, tanda tanda penyakit glaukoma, tanda2 penyakit glaukoma, tanda glukoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *