Pertolongan Pertama Pada Sakit Stroke

Pertolongan Pertama Pada Sakit Stroke, Stroke memang bukan sebuah penyakit yang muncul tiba-tiba, biasanya penyakit stroke ditandai dengan berbagai hal. Bisa saja dimulai dari penyakit hipertensi atau diabetes, penyakit stroke juga di tandai dengan berbagai gejala. Intinya penyakit stroke memiliki gejala awal stroke yang memang dapat dirasakan. Namun ada beberapa kasus seseorang penderita stroke secara tiba-tiba. Jika sudah seperti ini, anda harus melakukan tindakan pertolongan pertama pada stroke untuk mengatasinya.

Pertolongan Pertama Pada Sakit Stroke

Pertolongan pertama pada stroke tentu saja berbeda dengan pertolongan pertama pada kecelakaan yang selama ini sudah dikenal. Pertolongan pertama pada stroke tidak membutuhkan obat merah atau perban, namun tindakan. Secara lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa tindakan pertolongan pertama pada stroke yang bisa dilakukan.

Cara Menolong Orang Yang Terkena Serangan Stroke Mendadak

  • Tidak Menggerakkan Tubuhnya
    Serangan stroke biasanya terjadi sesaat setelah penderita jatuh, jika demikian maka jangan pindahkan penderita dari tempat dimana ia jatuh, misalnya di kamar. Buatlah posisi sipenderita dalam keadaan aman, tanpa memindahkannya. Misalnya membuatnya terduduk atau terlentang. Memindahkan dan menggerakkan tubuh penderita akan mengakibatkan semakin banyak pembuluh darah yang pecah. Ini adalah hal yang berbahaya. Jika pembuluh darah semakin banyak yang pecah di berbagai bagian tubuh hingga otak, kematian adalah resiko yang mungkin akan dihadapi.
  • Mengeluarkan Darah Penderita Dari Ujung Jari
    Langkah pertolongan pertama pada stroke selanjutnya adalah dengan mengeluarkan darah dari penderita. Yang paling aman adalah dengan melukai bagian jari-jari, baik jari tangan ataupun jari kaki. Tidak perlu melukainya terlalu besar, cukup menusukkan jarum saja untuk mengeluarkan darah. Paling baik adalah dengan menggunakan jarum suntik, tapi jika tidak ada anda dapat menggunakan jarum jahit atau jarum pentul. Namun sebelum menusukkan jarum, panaskan terlebih dahulu untuk membunuh bakteri dalam jarum. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan darah di dalam pembuluh darah.

    Pada saat serangan stroke terjadi, pembuluh darah dapat saja pecah karena tekanan yang terlalu tinggi. Dengan melakukan cara ini, memang akan melukai penderita, namun paling tidak ini adalah cara untuk menolong nyawa penderita. Selain bagian jari, lakukan juga pada telinga bagian bawah, lakukan hal ini hingga penderita mengeluarkan beberapa tetes darah.

  • Panggil Ambulan
    Stroke terjadi karena gangguan pada sel otak, tidak ada gunanya orang yang tidak ahli dalam hal ini melakukan percobaan pengobatan setelah beberapa pertolongan pertama pada stroke di atas. Langkah yang paling bijak adalah dengan memanggil ambulan untuk membawanya ke rumah sakit, dengan demikian penderita akan sesegera mungkin mendapatkan pertolongan medis. Hati-hati ketika memindahkan penderita ke dalam ambulan.

    Demikian adalah beberapa cara pertolongan pertama pada stroke. Jika sudah seperti ini, keadaan memang menjadi cukup gawat. Nyawa menjadi taruhannya jika kita salah melakukan penanganan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sebelum kejadian ini terjadi pada anda dan orang yang anda kenal, anda dapat mencegahnya dengan melakukan pencegahan terhadap terjadinya penyakit stroke.

Baca Juga Artikel Ini :

Artikel Terkait :

    cara penolongan pertama pada kaki tidak bisa digerakkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *