Perempuan Lebih Mudah Terkena Penyakit ISK

Perempuan Lebih Mudah Terkena Penyakit ISK (Infeksi Saluran Kemih) – Apakah anda tau tentang penyakit isk atau di sebut infeksi saluran kemih yang di sebabkan e coli. Penyakit ini ternyata tidak hanya ke para lelaki tetapi ke wanita lebih rentan mengidap penyakit ini untuk tau alasannya simak artikel kami.

Apa Itu ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Perempuan Lebih Mudah Terkena Penyakit ISKInfeksi adalah kuman atau bakteri yang menyerang organ tubuh kita. Infeksi saluran kemih berarti adanya kuman di saluran kemih. Banyak orang berpikiran, saluran kemih hanyalah terdiri dari saluran kencing dan kandung kemih. Padahal, menurut ilmu kedokteran, saluran kemih itu meliputi ginjal, saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih (ureter), kandung kemih, dan saluran kencing (uretra). Infeksi terjadi ketika bakteri, virus, atau jamur masuk dalam jumlah cukup banyak ke saluran kemih dan tak dapat dilawan oleh imunitas tubuh.

Sebagian besar kuman berasal dari luar tubuh, misalnya dari air yang tidak bersih atau penyakit menular seksual. Kuman, yang masuk lewat saluran kencing, bila tidak segera teratasi bisa naik ke kandung kemih. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat kerja ginjal terganggu. Pada ginjal bisa juga terjadi infeksi yang bermula dari adanya batu yang menyumbat ureter. Hal ini menyebabkan aliran air seni tidak lancar, sehingga terjadi infeksi.

Menurut dr. Sigit Sholichin, Sp.U, spesialis urologi dari Asri Urology Center, Rumah Sakit Asri, Jakarta, rasa sakit saat berkemih hanyalah satu gejala yang perlu Anda waspadai. Pada bagian tubuh yang berbeda, bisa beda pula gejalanya. “Jika infeksi terjadi di daerah saluran kencing (uretra) atau kandung kemih, biasanya gejala yang terasa adalah sering ingin buang air kecil, meski air yang keluar sangat sedikit (anyang-anyangan). Selain itu, saat berkemih saluran kencing terasa panas dan perih, terkadang keluar cairan kental berwarna kekuningan, dan berbau seperti nanah. Biasanya jarang disertai demam.”

Pada wanita biasanya juga terasa sakit di daerah tulang kemaluan, sementara pria umumnya merasakan sakit di daerah usus besar dekat anus. Sedikit berbeda jika infeksi sudah mencapai ginjal atau saluran yang menghubungkan ginjal dan ureter. “Biasanya penderita akan merasakan sakit di pinggang belakang dan demam. Kondisi penderita pun biasanya jadi sangat lemah,” jelas dr. Sigit.

Kenapa Perempuan Lebih Mudah Terkena Penyakit ISK

  • Muara saluran kencing perempuan berada di depan vagina. Lokasi ini berdekatan juga dengan dubur.  Nah faktor posisi ini juga menjadi salah satu pencetusnya. Akibatnya bakteri E. coli dari dubur dengan gampang bermigrasi alias jalan-jalan ke saluran kencing atau urethra. Hal ini bisa terjadi bila kaum perempuan kurang memperhatikan kebersihan daerah alat kelamin.
  • Pada perempuan mempunyai saluran kencing yang pendek. Saluran ini di sebut urethra. Panjangnya kurang lebih 2 sentimeter – 2,5 sentimeter depan vagina. Beda dengan laki-laki mereka memiliki urethra yang lebih panjang dan laki-laki beruntung memiliki prostat yang bertugas melawan kuman.
  • Posisi berjongkok  yang menjadi kebiasaan kaum perempuan saat buang air seni di lantai kamar mandi / kloset wc yang tidak bersih bisa mengakibatkan percikan balik ke daerah alat kelamin  saat kita cebok. Padahal di lantai kamar mandi atau wc umum banyak kuman – kuman. Jadi hati-hati kalau terpaksa buang air seni di tempat umum.

Wah lagi-lagi beruntung ya jadi laki-laki.

Cara Mencegah Penyakit Saluran Kemih ?

  1. Biasakan selalu membersihkan alat kelamin setiap buang air kecil dengan benar, yaitu menggunakan air bersih lalu dikeringkan.
  2. Cara cebok dari arah depan dulu setelah bersih baru bagian belakang area yang mendekati dubur ke belakang.
  3. Sebaiknya hindari penggunaan larutan antiseptik secara rutin untuk pencuci vagina karena bisa merusak PH vagina dan pada akhirnya kuman baik yang bertugas melawan infeksi pada saluran kencing dan vagina bisa mati.
  4. Jika bepergian jauh/traveling jangan cebok dengan air yang tertampung di bak mandi umum. Gunakan tisu atau ambil air langsung dari kran yang mengalir, jika air kran juga meragukan gunakan air mineral demi keamanan.
  5. Sering-seringlah mengganti celana dalam, minimal setiap kali mandi atau bila terasa lembab langsung ganti. Gunakan celana dalam dari bahan yang tidak menimbulkan alergi kulit dan berbahan katun.
  6. Jika sedang haid usahakan serajin mungkin mengganti pembalut. Karena darah yang tertampung lama menjadi tempat kuman berkembang biak.
  7. Melakukan hubungan (seks) suami istri yang sehat tidak berganti ganti pasangan, bila salah satu dari pasangan ada yang mengalami infeksi saluran kencing sebaiknya diobati sampai sembuh.
  8. Selalu minum air putih minimal 8 atau 10 gelas perhari.
  9. Tidak menahan buang air kecil .

Apa Akibatnya Jika Sering Mengalami Infeksi Saluran Kencing ?

Sebagai akibat lanjut bisa terjagi infeksi dan kerusakan ginjal. Kaum perempuan  harus hati – hati karena infeksi ginjal yang berat menyebabkan gangguan dan komplikasi pada kehamilan.

Selamat menjaga kebersihan diri demi kesehatan dan fungsi reproduksi.

Perempuan cerdas selalu peduli kebersihan diri

Untuk Membeli Obat Infeksi Saluran Kemih Ace Maxs Klik Disini

Informasi Hub Ke :

Agen Resmi : Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kota Tasikmalaya – 46115, Indonesia

Artikel Terkait :

    wanita kencing di tempat umum, banyak wanita kena isk, yhsm-plushome_001, wanita kencing di celana, wanita kencing di jalan, alasan wanita mudah terkena penyakit, mengapa alat kemaluan wanita lebih mudah terinfeksi, wanita mens mudah terserang penyakit, foto wanita kencing di tempat umum, kenapa perempuan lebih rentang terkena isk daripada laki-laki, saluran kencing cewek, Alat kelamin perempuan rentan terkena penyakit, mengapa wanita lebih mudah terserang isk, mengapa wanita lebih rentang terkena ISK, gambar wanita menahan kencing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *