Penyebab Utama Sakit Jantung Rematik

Penyebab Utama Sakit Jantung Rematik, penyakit jantung rematik (PJR) atau Rheumatic Heart Disease (RHD) adalah jenis sakit jantung paling serius untuk anak-anak hingga remaja. Penyakit ini disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada seluruh jantung hingga pada selaputnya.

Jantung rematik ini disebabkan karena adanya komplikasi pada demam rematik sehingga akan menyebabkan jantung rematik. Demam rematik ini paling sering terjadi pada usia antara 5 hingga 15 tahun dan sangat jarang terjadi pada usia di bawah 2 atau diatas 15. Oleh sebab itu, jantung rem atik ini sangat membahayakan untuk usai anak-anak dan remaja.

Penyebab Utama Sakit Jantung Rematik

Ada beberapa fakta Penyebab dari penyakit jantung rematik :

  • Mayoritas penderita global dari penyakit yang disebabkan oleh demam rematik serta penyakit jantung rematik terjadi secara tidak merata pada anak – anak serta remaja yang hidup di Negara – Negara dengan pendapatan rendah yang berarti anak – anak serta remaja lebih mudah terpapar oleh penyakit ini. Penyakit ini juga bertanggung jawab untuk kematian dari 233.000 anak – anak per tahunnya.
  • Setidaknya 15.6 juta orang diperkirakan terinfeksi penyakit jantung rematik pada saat ini dengan jumlah orang yang membutuhkan perawatan rumah sakit sangat signifikan dan operasi jantung yang biayanya mahal selama 5 sampai 20 tahun sehingga banyak orang yang tidak mampu melakukannya.
  • Daerah yang paling banyak terkena infeksinya ada di sub – sahara afrika, asia selatan dan tengah, pasifik, serta penduduk pribumi dari Australia dan new Zealand.
  • Diperkirakan lebih dari 1% dari seluruh anak – anak sekolah di afrika, asia, daerah mediterania timur, dan Negara – Negara amerika latin menunjukkan tanda – tanda terinfeksi penyakit ini.

Cara pencegahan utama dari demam rematik akut (pencegahan dari serangan pertama) dapat dilakukan dengan pengobatan dari infeksi tenggorokan akut yang disebabkan oleh bakteri streptokokus. Yang dapat dilakukan dengan pengobatan antibiotik (biasanya berupa obat penisilin) sampai dengan 10 hari atau dengan melakukan suntik penisilin secara langsung.

Orang yang sebelumnya telah terkena serangan demam rematik memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terkena serangan lanjutan, yang mana memperburuk kerusakan pada jantung. Pencegahan dari serangan lanjutan dapat dilakukan dengan konsumsi antibiotik selama beberapa tahun. Cara pengobatan seperti ini lebih murah daripada pencegahan tahap awal sehingga dianggap sebagai solusi yang lebih menguntungkan untuk kelas menengah ke bawah.

Baca Juga : Obat Jantung Rematik

Post : Penyebab Utama Sakit Jantung Rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *