Pantangan Makanan Penyakit Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Penyakit Gagal Ginjal-apakah anda mengetahui penyakit gagal ginjal dan apa saja makanan yang tidak boleh di konsumsi. Jika belum tau simak artikel saya yang akan berguna untuk kesehatan anda.

Sekilas Dari Penyakit Gagal Ginjal

GinjalGagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialami mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

A. Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang didedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :

  1. Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension).
  2. Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus).
  3. Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan /striktur).
  4. Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik.
  5. Menderita penyakit kanker (cancer).
  6. Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista.
    pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease).
  7. Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah : Kehilangan cairan banyak yang mendadak ( muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

B. Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain : Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih / Lekosit, Bakteri.

obat untuk gagal ginjalSedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

C. Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal

Penanganan serta Obat untuk gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

Apa Saja Pantangan Makanan Penyakit Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Gagal Ginjal

Penting sekali untuk anda menjaga makanan atau asupan makan anda karena bisa jadi akan lebih membaik atau memburuk. Maka dari itu harus bisa menjaga makanan biar sembuh cepat.

  • Hindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi (nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, macaroni dan hevermout).
  • Hindari makanan yang mengandung protein tinggi ( daging ayam, daging kambing, ikan, udang, telur, hati dan keju).
  • Hindari sayuran dan buah yang mengadung tinggi kalium (apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, buncis, kembang kol, seledri, stroberi, pepaya dan daun papaya).
  • Hindari makanan olahan yang banyak mengandung garam ( makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan asin dan sayuran dalam kaleng)
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung zat fosfor (selai kacang, jenis kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju).

Tidak terkontrolnya pasien gagal ginjal dalam mengkonsumsi salah satu jenis makanan diatas akan berdampak sangat tidak baik. Seperti apabila Pantangan Makanan yang mengandung fosfor dikonsumsi secara berlebihan makan akan mengakibatkan lemahnya tulang dan menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar ginjal tetap sehat tentu anda harus melakukan pola hidup sehat, berhenti merokok dan minum alkohol, menjaga tekanan darah dan gula darah, melakukan medical cek-up secara rutin dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi berapa Pantangan Makanan Pasien Gagal Ginjal. Karena mungkin saja beberapa Pantangan Makanan tersebut diatas, juga sebagai sumber Penyebab Gagal Ginjal.

Sedangkan untuk penderita gagal ginjal kronis, harus menjalani diet ketat dengan beberapa tujuan, yaitu : Mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menjaga agar pasien gagal ginjal tetap dapat beraktivitas seperti orang normal.

Diet Dari Penyakit Gagal Ginjal

  1. Diet lunak atau biasa,
  2. Konsumsi sumber karbohidrat: selai, gula pasir, permen dan sirup,
  3. Konsumsi Cukup energi namun rendah protein,
  4. Konsumsi sumber protein, diutamakan protein hewani, seperti: daging sapi, ,susu, dan ikan. Takarannya tentu disesuaikan dengan kegagalan fungsi ginjal penderita.
  5. Konsumsi makanan sumber lemak tidak jenuh, dengan kebutuhan sekitar 25 persen dari total energi yang diperlukan setiap hari.
  6. Kebutuhan air penderita gagal ginjal sebaiknya sesuai dengan jumlah urine selama satu hari sekitar 500 mililiter yang didapatkan dari minuman dan makanan.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung kalium dan natrium, dengan jumlah sesuai keadaan penderita.
  8. Kebutuhan kalori Penderita Gagal Ginjal, sekitar 35 Kkal/Kg berat badan/hari.
  9. Kurangi konsumsi garam dapur, apabila anda juga menderita hipertensi bengkak.
  10. Konsumsi agar-agar, karena selain mengandung sumber energi makanan ini juga mengandung serat yang larut.

Untuk Membeli Obat Gagal Ginjal Klik Disini

Informasi Hub Ke :

Agen Resmi : Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kota Tasikmalaya – 46115, Indonesia


SMS & Telp : 082130874141
PIN BB : 27d08152

Artikel Terkait :

    makanan penyebab gagal ginjal, pantangan makanan penderita ginjal, pantangan makan bagi orang sudah tranplantasi ginjal, makanan apa yng boleh d konsumsi pada penderita darah tinggi dan ginjal bengkak, maknan yg blh d kinsumsi penderita ginjal bengkak, buah apa yang boleh dimakan kaki bengkak, apakah orang ginjal boleh memakan jeroan ayam, makanan yang dipantang agar luka bakar tidak gatel, apakah mkn ikan baik untuk penderita kencing berdarah, makanan yang tidak boleh dimakan gagal ginjal akut, larangan makanan yang ada protein dlm darah, makanan yang harus di makan biar cepet sembuh dari ginjal, makanan yang dilarang untuk penderita komplilasi hipertensi gagal ginjal dan paru paru, makanan apa yg boleh dikonsumsi pada penderita darah tinggi dan ginjal bengkak, ginjal kronis makan nutrijel bolhkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *