Mata Silinder

Penyakit mata silinder merupakan penyakit mata yang umum terjadi, penderita panyakit ini sangat perlu di bantu dengan kacamata supaya bisa melihat dengan jelas.

Mata Silinder

Mata silinder adalah dimana kondisi bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya. Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang.

Astigmatisme dalam istilah lain disebut mata silinder (silindris).

Apa saja yang dirasakan oleh penderita mata silinder ?

Gejala yang paling umum dari Silindris adalah kabur atau penglihatan ganda. Jika Anda hanya mengakibatkan sedikit terpengaruh pada pandangan anda, maka anda mungkin tidak merasa ada sesuatu yang salah. Silindris lebih signifikan dapat mengakibatkan distorsi terlihat dari visi Anda. Sebuah penyakit mata yang memiliki pengaruh gejala seperti melihat 2 benda padahal hanya 1 objek jika pada keadaan tertentu bahkan bisa melebihi dua bayangan objek. Akibat tidak ada focus pada satu titik menyebabkan bayangan pada objek yg dilihat.

Gejala Mata Silinder

Pada umumnya, silindir ter­jadi sejak. lahir, namun berdasarkan di atas tidak sedikit pula yang baru muncul saat pertumbuhan. Menurut Armanto, silinder bukanlah penyakit, tetapi gangguan penglihatan. Ada dua jenis sil­inder, yaitu regular dan irregular :

Silinder regular, merupakan ganguan kornea yang bentuknya beraturan. Misalnya satu sisi melengkung atau cekung, atau dua sisi sama cekung. Silinder irregular, terjadi gang­guan kornea yang bentuknya ti­dak beraturan, misalnya sisi kanan atas cembung, sedangkan sisi kanan bawah berbentuk cekung. Atau terjadi hal yang sama di semua sisi.

Terus adapun gejala bahwa anda mempunyai silindris akan mengalami satu atau beberapa berikut :

  1. Penglihatan buram atau berbayang.
  2. Kelelahan pada mata.
  3. Ketegangan mata, mata lelah, atau bahkan sakit kepala.
  4. Silau yang berlebih ketika mengendarai kendaraan pada malam hari.
  5. Sakit kepala pada saat fokus melihat suatu benda.
  6. Ketidakmampuan untuk melihat dengan baik dekat dan jauh tanpa menyipitkan mata.
  7. Jika pada anak-anak dengan gangguan Silindris akan mengalami:Kesulitan untuk fokus pada kata-kata tercetak dan garis.

Catatan untuk anda :

Pada dasarnya mata Silinder cenderung tidak akan bertambah bila kita menggunakan ukuran yang tepat pada kacamata atau lensa kontak. Silinder justru akan bertambah bila kita tidak menggunakan ukuran aslinya. Pada umumnya, sekali diberikan ukuran yang sebenarnya maka silinder akan tetap pada ukuran tersebut.

Artikel Terkait :

    mata silinder, bentuk kornea silinder, gejala mata silinder, mata silinder gejala, kornea mata silinder, keadaan silinder keadaan bagus, gejala penyakit mata silindris, gejala mata silindris, yang dirasakan penyakit mata silindris, gambar sakit silinder mata, gambar perbedaan mata nomal dan silinder, gambar mata silinder, bentuk mata silinder dan normal, bentuk mata silinder, bentuk kornea mata silinder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *