Manfaat Khusus Dari Bawan Dayak

Manfaat Khusus Dari Bawan Dayak, tanaman ini memiliki nama latin Eleutherine palmifolia, bawang dayak juga memiliki nama lokal diantaranya : Bawang Tiwai, bawang Sabrang, bawang berlian, bawang lubak, teki sebrang atau bawang hantu. Bawang Tiwai merupakan tanaman khas kalimantan tengah tempat suku dayak tinggal. Tanaman ini sudah secara Empiris dipergunakan masyarakat dayak sebagai tanaman obat. Ciri tanaman ini memiliki warna umbi merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya berwarna putih.

Manfaat Khusus Dari Bawan Dayak

Bawang dayak yang memiliki beragam dan bermacam – macam nama panggilan ini ternyata juga memiliki beragam manfaat dan juga khasiat untuk kita semua. Apa saja manfaat dan juga khasiat dari bawang dayak? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga khasiat dari bawang dayak :

  1. Obat sakit perut
    Manfaat dari bawang dayak yang pertama adalah sebagai obat sakit perut atau obat diare. Ya, sudah sejak lama masyarakat yang berasal dari suku dayak memanfaatkan umbi bawang dayak ini sebagai salah satu obat – obatan alami alias herbal.

    Salah satu kegunaannya adalah dapat membantu menghilangkan dan juga meredakan rasa sakit, nyeri dan juga mual pada bagian perut.

  1. Obat Flu
    Selain sebagai obat sakit perut suku dayak juga seringkali memanfaatkan bawang berlian ini sebagai obat – obatan lain, yaitu obat flu. Dengan kandungan antibakteri yang tinggi, maka bawang dayak tentu saja sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit flu, sehingga sangat baik untuk membantu mengobati serangan flu.
  1. Mengobati penyakit kuning (hepatitis)
    Tidak hanya mampu mengobati penyakit ringan saja, bawang dayak juga memiliki khasiat dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu mengobati beberapa penyakit kronis, seperti penyakit kuning alias hepatitis ( Obat Hepatitis B ).

    Beberapa penelitian sudah membeberkan khasiat dari bawang dayak ini untuk membantu mengobati hepatitis alias sakit kuning.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Bawang dayak memiliki kandungan vitamin dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Maka dari itu, bawang dayak sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi bawang dayak adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi bawang dayak, dengan cara menambahkannya pada menu makanan anda sehari – hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.
  1. Kaya akan antioksidan
    Antioksidan merupakan salah satu zat penting yang terdapat pada bawang dayak. Yap, anda semua pasti sudah sering mendegnar istilah antioksidan ini. Antioksidan memiliiki fungsi utama untuk menangkal radikal bebas yang sering mengganggu kesehatan tubuh. Dengan tingginya kadar antioksidan pada bawang dayak, maka hal ini akan berpengaruh pula pada efektifnya pengankalan tubuh terhadap radikal bebas.
  1. Dapat membantu mencegah kanker dan juga tumor
    Kanker dan juga tumor saat ini mungkin merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu dan juga mengkhawatirkan. Pasalnya, banyak kasus yang berujung pada kematian. Namun demikian, untuk mencegah munculnya kanker dan juga tumor, anda bisa mengkonsumsi bawang dayak. Ya, selain memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kanker dan tumor, bawang dayak juga memiliki kandungan naphtoquinones yang merupakan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk mencegahmunculnya sel kanker dan juga tumor di dalam tubuh.
  1. Membersihkan tubuh dari bakteri
    Sebagai salah satu jenis umbi – umbian yang kaya akan kandungna anti bakteri, maka sudah pasti bahwa bawang dayak memiliiki manfaat dan juga khasiat yang tentunya sanga baik untuk membantu menecgah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

    Selain itu, kandungan zat antibakteri aktif yang terdapat pada bawang dayak juga sangat efisien untuk membantu membersihkan tubuh dari bakteri, sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh anda.

  1. Mencegah terjadinya infeksi
    Bawang dayak juga memiliiki khasiat dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah infeksi. Infeksi teebut bisa saja terjadi pada bagian dalam tubuh, ataupun bagian luar tubuh. Karena itu, apabila anda merasa takut terkena infeksi, terutama akibat luka, maka anda bisa menggunakan pilihan obat alternative berupa bawang dayak ini untuk mencegah dan juga meminimalisir resiko terjadinya infeksi.
  1. Mencegah perkembangan virus, bakteri dan juga mikroba
    Virus, bakteri dan juga mikroba merupakan penyumbang penyakit terbesar di dalam tubuh manusia. Yap, dengan berkembangnya virus, bakteri dan juga mikroba di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan tubuh terjangkit berbagai macam penyakit, sehingga sangat berbahaya bagi tubuh.

    Untungnya, bawang dayak memiliki banyak sekali kandungan antibakteri, yang tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah perkembangan mikroba, virus dan juga bakteri agar tidak berkembang dan juga menimbulkan penyakit di dalam tubuh kita.

  1. Mencegah peradangan
    Bawang dayak atau bawang berlian ini juga memilki manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Bawang dayak ini mampu untuk membantu mencegah peradangan pada tubuh. Biasanya peradangan yang banyak terjadi adalah peradangan pada bagian tenggorokan dan juga peradangan pada bagian usus dan juga lambung.

Post : Manfaat Khusus Dari Bawan Dayak

Artikel Terkait :

    manfaat bawang dayak untuk hernia, khasiat bawang dayak utk hernia, bawang dayak untuk varikokel, cara merebus bwang tiwaii varikokel, cara menyembuhkan burut khas dayak, cara konsumsi bawang dayak untuk penderita hepatitis, Bawang hutan obat untuk hernia, bawang dayak untuk pengobatan varikokel, Bawang dayak untuk hernia, bawang dayak tuk hernia, Bawang dayak obat hernia caranya bagaimana, bawang dayak obat hernia, bawang dayak buat farikokel, varikokel bawang tiwai, apakah bawang dayak mmpu mnyembuhkan hernia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *