Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Koroner

Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Koroner, Jika anda penderita jantung koroner maka wajib menjaga dari makanannya supaya tidak terjadi serangan jantung mendadak.

Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Koroner

Baca Juga : Pantangan Makanan Untuk Sakit Jantung Koroner

Makanan yang tercantum di bawah ini adalah yang terbaik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

  1. Yogurt. Penelitian menunjukkan yoghurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung. Para peneliti dari Jepang menganalisis asupan makanan dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan mereka yang mengkonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat. Laporan yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology mengungkapkan probiotik (alias “bakteri baik”) sebagai salah satu makanan juara untuk kesehatan gusi. Para ahli percaya bahwa probiotik dapat membantu untuk melawan pertumbuhan bakteri di mulut. Probiotik adalah kultur aktif hidup digunakan untuk fermentasi makanan, seperti yoghurt dan kefir (susu fermentasi), dan studi menunjukkan bahwa probiotik juga dapat memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh, menurut Yoshihiro Shimazaki, DDS, Ph.D., dari Universitas Kyushu.
  2. Kismis. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.
  3. Biji-bijian. Orang yang makan biji-bijian cenderung lebih ramping dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini mungkin karena biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung koroner. Serat dalam biji-bijian juga memiliki manfaat: berbagai studi menghubungkan diet tinggi serat dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian di Harvard, orang yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang makan diet rendah serat. Serat larut dalam Biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL ). Jenis biji-bijian dengan kadar serat larut tinggi adalah gandung, jagung dan beras merah.
  4. Kacang hijau. Mengkonsumsi kacang hijau secara secara teratur baik untuk kesehatan jantung Anda, dan Anda tidak perlu makan kacang hijau dalam jumlah banyak untuk mendapatkankan manfaatnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan untuk mengkonsumsi 1/2 cangkir kacang hijau setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Kacang hijau kaya akan serat larut dan zat lainnya yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi untuk melindungi jantung, yakni flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapatr menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  5. Ikan Salmon. Mengkonsumsi ikan 2-3 porsi dalam satu minggu, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner untuk jangka panjang. studi menunjukkan. Ikan seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur ( aritmia ). Selain ikan salmon dan tuna, minyak biji rami, minyak canola dan kenari juga mengandung omega-3.
  6. Kacang. Kacang-kacangan mengandung banuak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang-walnut, pecan, almond, hazelnut, pistachio, kacang pinus dan kacang tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.
  7. Coklat hitam. Para peneliti telah menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah, dan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Orang-orang Kuna di Kepulauan San Blas, lepas pantai Panama, tercatat memiliki kesehatan jantung yang sangat baik, karena banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari coklat. Flavanol dalam cokelat akan membantu meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal dan demensia. Beberapa penelitian juga menunjukkan coklat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam cokelat, yang disebut epikatekin, meningkatkan oksida nitrat ,  zat yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah oksida nitrat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  8. Tomat. Merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerja sama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
  9. Apel, dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular dalam sebuah studi di Iowa. Peneliti Finlandia mempelajari data yang dikumpulkan selama 28 tahun dari 9208 pria dan wanita, menemukan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi apel memiliki risiko yang sangat rendah untuk menderita stroke dan jantung. Flavonoid yang ditemukan dalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat ( LDL ), dan mencegah penumpukan plak dalam arteri, serta menghambat peradangan. Apel juga kaya akan pektin, bentuk serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel sangat di anjurkan sebagai makanan sehat untuk penderita jantung.
  10. Aneka buah beri. Mengkonsumsi buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry dan aneka jenis buah beri lainnya dikaitkan dengan peningkatan tingkat kolesterol “baik” HDL dan menurunkan tekanan darah, dua hal positif untuk para penderita jantung. Di dalam buah-buahan ini terkandung berbagai polifenol yang mempromosikan kesehatan yang mencakup antosianin dan asam ellagic. Polifenol dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul yang menghasilkan efek jantung sehat. Salah satunya adalah membuat rileks pembuluh darah, yang kemudian menghasilkan penurunan tekanan darah.
  11. Delima merah. Penelitian menunjukkan bahwa delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah. Para ahli percaya bahwa manfaat delima merah berasal dari senyawa antosianin di dalamnya. Dalam sebuah studi pada tahun 2008, peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan minuman kaya antioksidan lainnya termasuk jus blueberry, cranberry dan anggur merah, delima  merah memiliki kapasitas antioksidan tertinggi.
  12. Pisang. Di dalamnya mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengekskresikan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat. Mineral ini sangat penting bagi orang yang memakai obat diuretik untuk penyakit jantung.
  13. Popcorn. Mengandung  polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Popcorn bahkan memiliki polifenol 3 kali lebih banyak dibandingkan kacang merah.
  14. Teh hijau. Beberapa bukti terkuat tentang manfaat teh bagi kesehatan jantung berasal dari berbagai penelitian. Para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan jantung yang sangat baik.

Sumber : www.eatingwell.com

Post : Makanan Yang Sehat Untuk Jantung Koroner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *