Makanan Penyebab Naiknya Tekanan Darah

Makanan Penyebab Naiknya Tekanan Darahapakan anda mengetahui apa saja makanan yang akan menaikan tekanan darah. Pengetahuan ini sangat penting untuk anda karena selain pengobatan menjaga makan itu sama pentingnya dengan pengobatan.

Seulas Tentang Darah Tinggi

Makanan Penyebab Naiknya Tekanan DarahTekanan darah tinggi sudah menjadi momok bagi sebagian orang karena minimnya gejala namun berpotensi menyebabkan berbagai komplikasi mematikan. Tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit metabolik yang paling umum ditemui ?

Tekanan darah tinggi yang biasa disebut ‘hipertensi’, tidak memiliki gejala yang khas dan kadang tidak menimbulkan gejala apapun. Namun apabila tidak diberikan obat darah tinggi yang tepat, sakit jantung dan stroke bisa menanti Anda di masa depan. Terlebih lagi jika terdapat penyakit lain seperti kencing manis (Diabetes Melitus tipe 2) dan kolesterol tinggi (Dislipidemia), komplikasi jantung dan stroke bisa lebih cepat terjadi.

Bagaimana Anda mengobati tekanan darah tinggi / hipertensi ?

  • Dalam artikel ini tidak akan dibahas mengenai obat darah tinggi, karena obat darah tinggi merupakan ranah medis yang memerlukan konsultasi dengan dokter, selain itu sebenarnya langkah awal pengobatan tekanan darah tinggi tidak lain berupa perubahan pola hidup.

Perubahan pola hidup seperti apa yang akan menurunkan tekanan darah tinggi, dan akhirnya melindungi Anda dari berbagai komplikasi jantung dan pembuluh darah ?

  • Pertama, mulailah dari makanan!
    Jika Anda terbiasa makan daging, jeroan dan santan setiap hari, bayangkanlah diri anda sebagai gentong berisi campuran minyak yang lengket. Minyak itu bisa berakumulasi, menggumpal dan menyumbat selang-selang pembuluh darah Anda dan ketika hal itu terjadi.
  • Lalu pola makan seperti apa yang sehat ?
    Populasi Mediterania di Eropa memiliki jumlah kejadian penyakit jantung yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan negara lain dan Anda tahu apa kuncinya?

    Setelah diteliti ternyata makanan Mediterania merupakan tipe makanan sehat yang dapat melindungi jantung. Makanan Mediterania cenderung rendah lemak jenuh, rendah daging merah dan rendah susu berlemak. Selain itu, pola makan Mediterania kaya buah-buahan, sayuran dan diperkaya suplementasi minyak ikan.

    Makanan Mediterania lebih banyak dipanggang dan direbus daripada digoreng. Satu hal lain yang penting adalah individu dengan tekanan darah tinggi perlu membatasi konsumsi garam dalam bentuk apapun. Garam yang ada dalam kehidupan sehari-hari bukan saja garam dapur, namun juga berbagai bumbu makanan lainnya yang mengandung natrium (bumbu mie instan, snack, cemilan).

  • Kedua, Olahraga !
    Olahraga sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki efek protektif terhadap jantung. Kadang ibu-ibu rumah tangga suka berkelit bahwa mereka sudah melakukan olahraga karena telah mencuci piring, mencuci baju dan mengepel. Olahraga yang dimaksud disini adalah olahraga dengan intensitas sedang yang meliputi kombinasi olahraga aerobik untuk kesehatan jantung dan olahraga beban untuk kekuatan tulang. Olahraga aerobik sederhana yang dapat dilakukan berupa jogging atau lari pagi. Olahraga minimal dilakukan sebanyak tiga kali seminggu selama 30 menit sampai satu jam. Satu hal yang perlu diingat adalah olahraga perlu dilakukan secara konsisten, Anda tidak dapat mengharapkan penurunan tekanan darah dan berat badan dari olahraga yang hanya dilakukan sekali dua kali selama dua minggu. Untuk hasil ideal, tingkatkan intensitas olahraga Anda.

8 Makanan Penyebab Naiknya Tekanan Darah

  1. Garam dan sodium ( natrium ) adalah hal yang jahat ketika dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi atau prehipertensi harus membatasi asupan sodium sekitar 1.500 mg perhari.
  2. Pizza. Semua pizza bisa berdampak buruk bagi mereka yang harys menjaga asupan sodium mereka. Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan roti di dalamnya membuat pizza kaya akan sodium. Tapi pizza beku sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Untuk menjaga rasa dalam pizza setelah dimasak, produsen sering menambahkan banyak garam. Semakin tebal kerak dan semakin banyak topping pada pizza, semakin tinggi angka sodium yang terkandung di dalamnya.
  3. Makanan kaleng, walaupun merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah dimasak, namun mengandung kadar sodium yang sangat tinggi. Sebaiknya cermati label pada makanan kaleng dan cari yang rendah kandungan sodium atau natrium nya.
  4. Gula. Anda mungkin sudah tahu bahwa asupan gula yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan kasus berat badan dan obesitas. Tapi apakah Anda tahu bahwa asupan gula tinggi juga terkait dengan tekanan darah tinggi? Terutama pada minuman dengan pemanis buatan, memberikan kontribusi terhadap obesitas pada segala usia. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.
  5. Lemak jenuh dan trans. Contoh makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh adalah: kulit ayam, susu full cream, daging merah ( sapi dan kambing), dan mentega. Sedangkan lemak trans diciptakan dalam proses yang disebut hidrogenasi. Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil pada daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang terbesar dari lemak trans berasal dari makanan yang diolah menggunakan minyak goreng terhidrogenasi. Menurut CDC, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda. LDL tinggi dapat memperburuk hipertensi Anda, dan akhirnya dapat menyebabkan berkembangnya penyakit jantung koroner. Jadi sebaiknya Anda harus mengingat lemak jenuh dan trans merupakan salah satu makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.
  6. Kopi. Jika Anda memiliki darah tinggi atau prehipertensi, sekarang mungkin waktunya untuk mengurangi kebiasaan minum kopi. karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Bahkan, setiap minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi.
  7. Alkohol. Ketika datang memiliki tekanan darah tinggi, alkohol adalah pedang bermata dua. Artinya bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit justru dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tapi ketika kita terlalu banyak minum alkohol maka akan meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang hanya minum sesekali. Menurut Mayo Clinic mengkonsumsi 2-3 gelas alkohol sesekali dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu, dan ketika minum 2-3 gelas alkohol secara berulang atau rutin maka akan menyebabkan masalah tekanan darah tinggi untuk jangka panjang. Selain itu alkohol juga dapat membuat obat tekanan darah yang kita minum menjadi kurang efektif. Alkohol juga tinggi akan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi.
  8. Acar, karena di buat dengan campuran cuka, gula dan garam sehingga tinggi kadar sodiumnya, jadi sebaiknya juga harus tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk Membeli Obat Darah Tinggi Ace Maxs Klik Disini

Informasi Hub Ke :

Agen Resmi : Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kota Tasikmalaya – 46115, Indonesia


SMS & Telp : 082130874141
PIN BB : 27d08152

Artikel Terkait :

    darah tinggi boleh makan jengkol, manfaat jengkol untuk hipertensi, jengkol dan darah tinggi, pengaruh jengkol terhadap darah tinggi, jengkol menyebabkan darah tinggi, jengkol darah tinggi, apakah jengkol menyebabkan darah tinggi, jengkol untuk darah tinggi, jengkol untuk penderita hipertensi, jengkol penyebab darah tinggi, darah tinggi makan jengkol, bolehkah penderita darah tinggi makan jengkol, jengkol untuk penderita darah tinggi, bolehkah darah tinggi makan jengkol, apakah jengkol penyebab darah tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *