Makanan Pencegah Glaukoma

Makanan Pencegah Glaukoma-anda penderita glaukoma jika ya simak nih artikelnya pasti berguna untuk anda supaya terjaga dari penyakit yang satu ini.

Penyakit Mata Glaukoma

GlaukomaSalah satu penyakit mata yang paling banyak diderita manusia adalah glaukoma. Penyakit ini terjadi ketika tekanan cairan dalam mata terlalu tinggi sehingga merusak saraf optik yang menghubungkan mata ke otak. Jika tidak cepat diobati, dapat menyebabkan hilangnya sebagian penglihatan, bahkan seluruh penglihatan atau kebutaan.

Berdasarkan studi terbaru, gejala glaukoma dapat membaik dengan makan cokelat dan minum anggur merah. Selain itu juga dapat diatasi dengan minum kopi dan teh hijau, dan lebih banyak memakan buah-buahan dan sayuran.

Makanan dan minuman tersebut memiliki antioksidan yang  tinggi sehingga dapat meningkatkan fungsi retina mata si penderita glaukoma. Setidaknya untuk jangka pendek.

Namun, para ahli mengatakan, satu-satunya harapan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan terapi gen. Pengobatan yang paling banyak dilakukan saat ini untuk mengurangi tekanan pada mata adalah dengan obat tetes. Jika obat tetes tidak mampu menyembuhkan, maka dapat dilakukan operasi laser.

Tips pola makan yang baik untuk penderita glaukoma muncul dari jurnal di Spanyol yang melaporkan temuan spesialis mata dari Universitas Valencia. Hasil penelitiannya, jika secara moderat mengonsumsi cokelat, minum anggur merah, dan teh hijau dapat bermanfaat untuk glaukoma.

Dua studi lain menyatakan bahwa buah dan sayuran juga dapat mengatasi glaukoma. Terutama sayuran maupun buah yang memiliki antioksidan tinggi seperti daun daun hijau, jeruk, buah peach, dan wortel.

Penderita glaukoma juga disarankan banyak mengosumsi makanan yang kaya retinol seperti, hati, susu, keju, dan mentega, atau yang mengandung vitamin B1. Bahkan studi lainnya menemukan bahwa antioksidan kopi juga dapat mencegah terjadinya degenerasi retina.  Selain itu, kandungan asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan, kacang-kacangan, juga dinilai dapat mencegah perkembangan glaukoma.

Head of Professional Development Asosiasi Dokter Mata, Karen Sparrow, menyambut baik sejumlah hasil studi itu. Namun, ia mengingatkan agar menerapkan pola makan demikian secara hati-hati. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu.

Menurut dia, studi lain pun mengatakan glaukoma berisiko pada orang yang obesitas dan memiliki kadar garam yang tinggi dalam tubuh. Obesitas dinilai dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat memicu glaukoma.

“Jika memiliki tekanan darah tinggi, aliran darah ke saraf optik di mata Anda mungkin juga akan terpengaruh. Itu memungkinkan terjadinya peningkatan glaukoma. Orang-orang dengan hipertensi berisiko,” kata Sparrow.

Penyebab Penyakit Glaukoma

Glaukoma bisa diderita oleh siapa pun , dan untuk saat ini deteksi dan penanganan dini adalah jalan satu-satu nya untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma,dan jjika anda memiliki ciri-ciri seperti ini ,maka anda segera periksa mata anda.
  • Pernah ada anggota keluarga anda penderita glaukoma
  • Merasa tegang disekita bola mata (mata anda cepat lelah)
  • Anda adalah penderita miopia atau rabun jauh
  • Pernah menderita diabetes melitus / kencing manis
  • Pernah menderita Hipertensi  / Tekanan darah tinggi
  • Migrain / penyempitan pembuluh darah di otak  (sirkulasi buruk)
  • Pernah kecelakaan dibagian mata atau operasi mata sebelumnya
  • Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama

Gejala Penyakit Glaukoma Sudut Terbuka :

  • terjadinya penyempitan pada bagian tepi lapang pandang
  • sakit kepala ringan
  • gangguan penglihatan yang tidak jelas

Gejala Penyakit Glaukoma Sudut Tertutup :

Jenis glaukoma yang paling umum yaitu glaukoma primer sudut terbuka dan glaukoma akut sudut tertutup memiliki gejala yang sama sekali berbeda.

  • Gangguan penglihatan tidak jelas, misalnya melihat limgkaran di sekeliling cahaya lampu atau sulit beradaptasi pada kegelapan.
  • Mata agak menonjol, pupil atau manik mata agak membesar.
  • Benda-benda yang dilihat menjadi kabur.
  • Berkurangnya lapangan pandangan.
  • Mata menjadi merah.
  • Timbul warna pelangi (halo) saat melihat cahaya lampu.
  • Mual muntah
  • Nyeri di dalam bola mata

Tanda-tanda awal dari penyakit glaukoma, antara lain :

  • Kepala sakit
  • Mata merah
  • Nyeri pada mata
  • Penglihatan kabur. Misalnya, terdapat lingkaran cahaya pada lampu.
  • Mual dan mutah

Apa Saja Makanan Pencegah Glaukoma

  1. Telur
    Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.
  2. Bayam
    Sama halnya seperti telur, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma.
  3. Bawang putih
    Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.
  4. Salmon
    Ikan yang satu ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering.
  5. Biji bunga matahari
    Kandungan selenium, vitamin E, dan zinc-nya mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Ia juga mengandung vitamin B2 untuk mengatasi penyakit photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya).
  6. Wortel
    Semua tentu tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.
  7. Alpukat
    Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.
  8. Tomat
    Tomat baik untuk kesehatan kulit, namun juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.
  9. Kol
    Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.
  10. Cokelat Hitam
    Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Ia mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan. (TR)

 

Demikianlah artikel mengenai Makanan Pencegah Glaukoma ini, semoga tulisan saya ini mudah untuk di pahami dan dapat bermanfaat bagi Anda.

Untuk Membeli Obat Glaukoma Klik Disini

Untuk Informasi Hub Ke :

Agen Resmi : Jln. Noenoeng Tisna Saputra Kota Tasikmalaya – 46115, Indonesia


SMS & Telp : 082130874141
PIN BB : 27d08152

Artikel Terkait :

    ciri ciri glaukoma, ciri ciri penyakit glaukoma, makanan apa untuk mencegah gloukoma, pantangan glukoma, makanan untuk penderita glukoma, mnumsn pencegah glukona, bolehkah yang orang yang menghidap sakit gloukoma mengkosumsi kopi hijau, pantangan untuk katarak atau glaukoma, buah untuk menurunkan tekanan bola mata, buah yg menurunkan tekanan bola mata, buah untuk penderita glaukoma, buah untuk gloukoma, buah untuk glaukoma, vitamin untuk glukoma, apakah susu bagus untuk penderita glaukoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *