Magnesium

Magnesium, zat ini sangat di butuhkan oleh tubuh hal ini disebabkan kalsium yang gunakan oleh tubuh untuk reaksi biokimia didalam tubuh. Magnesium merupakan mineral yang paling penting no 4 untuk kesehatan. Karena sekitar 50% dari keseluruhan magnesium yang ada didalam tubuh disimpan didalam tulang-tulang kita. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kadar magnesium dalam darah secara konstan atau seimbang.

Magnesium berfungsi sebagai penjaga dari otot dan saraf manusia agar tetap berfungsi secara normal serta mengontrol detak jantung. Magnesium juga dapat meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh manusia, membuat tulang menjadi lebih kuat, mampu mengatur kadar gula dalam darah, mampu mengontrol tekanan darah secara normal, meningkatkan metabolisme dalam tubuh berupa energi dan protein sintesis.

Magnesium bagus untuk pengobatan seperti : diabetes, penyakit jantung dan darah tinggi atau hipertensi.

Magnesium

Makanan  sumber magnesium

Inilah makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti : tomat, tepung soba, kacang-kacangan, ubi jalar, bit hijau, artichoke, ikan, biji labu, tepung gandum, jagung serta coklat. Selain itu produk susu juga bagus seperti : susu dan yoghurt. Roti gandum dari dedak kandungan magnesium 2 x lebih banyak dari roti biasa,

Akibat kekurangan magnesium

Penderita akan merasakan seperti sakit di bagian leher serta punggung, kelelahan, migren atau sakit kepala sebelah, otot kejang atau di sebut juga kram otot, nafsu makan berkurang, mual di sertai muntah, sulit tidur atau insomnia, jantung berdebar, diare, otot kendor dll.

Manfaat dari magnesium sangat banyak, selain untuk menjaga otot dan saraf manusia. Magnesium juga bagus untuk berbagai hal, inilah khasiatnya :

  • Dapat mencegah penyakit asma – Pada penderita asma asupan dari suplemen magnesium sangat penting karena dapat membantu relaksasi otot bronkus serta menormalkan pada pernapasan. Bahkan keluhan dari sesak napas atau mengik dapat ditangani dengan caraemmberikan magnesium intravena secara teratur kepada penderita.
  • Menjaga tulang agar tetap sehat – Magnesium berhubungan langsung dengan tulang. Dampak kekurangan mineral magnesium ini bisa penyebab osteoporosis atau pengkroposan tulang. Mineral magnesium, vit D, tembaga serta seng membantu meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh.
  • Pemberian magnesium selama hami – Asupan magnesium untuk orang hami sangatlah penting supaya mengurangi risiko osteoporosis serta meningkatkan tingkat toleransi sakit yang akan mengakibatkan kejang eklampsia pada ibu hamil yang menderita darah tinggi.
  • Mengobati sakit punggung dan dapat menghindari kram pada otot – Magnesium dapat meredakan sakit di bagian punggung akibat dari kejang otot-otot punggung, stres serta gangguan ginjal. Kram yang dirasakan kaki akibat kelelahan biasanya akan hilang setelah mengkonsumsi suplemen yang mengandung magnesium karena magnesium bemanfaat sebagai obat untuk mengatasi kram otot.
  • Mencegah penyakit jantung – Kekurangan magnesium untuk penderita jantung sangatlah tidak boleh karena magnesium akan membantu mengontrol denyut jantung, jika sebaliknya kekurangan magnesium akan mengakibatkan jantung akan tidak terkontrol.
  • Dapat mencegah sembelit – Magnesium berguna melemaskan otot-otot pada usus, sehingga bab akan lancar.
  • Mengatur glukosa dalam tubuh – Dapat meningkatkan produksi insulin sehingga tingkat gula dalam darah menjadi stabil.
  • Mengontrol kejiwaan – Magnesium juga berfungsi sebagai pengendali dari kejiwaan seperti : stres, panik, kecemasan tidak semestinya.
  • Penghasil kolagen – Magnesium dapat memproduksi protein dan mengubahnya menjadi kolagen yang baik untuk kulit, tulang serta usus.
  • Menyerap mineral – Magnesium dapat membantu dalam penyerapan vitamin serta mineral yang penting untuk tubuh seperti : kalsium, natrium, kalium serta fosfor.
  • Mengaktifkan enzim – Magnesium dapat membantu enzim dalam meningkatkan produksi energi dalam tubuh.
  • Mengontrol kandung kemih – Suplemen magnesium dapat membantu masalah di kandung kemih seperti : infeksi, nefritis atau sistitis interstisial.

 Itulah artikel kami semoga ada manfaatnya.

Post : Mineral magnesium

Artikel Terkait :

    suplemen magnesium forliv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *