Glaukoma

Penyakit glaukoma adalah penyakit yang membuat pengidapnya akan mengalami gangguan dengan penglihatannya. Menurut badan kesehatan dunia, glukoma merupakan penyebab utama dari kebutaan terbesar di dunia dengan urutan no 2 setelah dari penyakit mata katarak.

Glaukoma

Penyebab dari penyakit glaukoma seperti meningkatnya tekanan pada bola mata, baik dari akibat produksi cairan mata yang berlebihan sehingga mengakibatkan mata berari dan menghalangi saluran pembuangan cairan. Tekanan yang terjadi dapat merusak serabut saraf retina serta jaringan saraf yang ada dibagian belakang mata dan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak juga.

Inilah gejala yang sering dirasakan ketika anda sakit glaukoma :

  • Nyeri pada bagian mata.
  • Sakit kepala atau migren.
  • Ada pelangi ketika melihat cahaya lampu.
  • Mata menjadi merah.
  • Mual atau muntah.
  • Pandangan menjadi samar.
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali

Jenis dari penyakit glaukoma

2 jenis glaukoma :

  • Glaukoma sudut terbuka.
  • Glaukoma sudut tertutup.

Glaukoma sudut terbuka adalah jenis penyakit glaukoma yang paling umum terjadi. Jenis ini juga disebut sebagai glaukoma kronis karena muncul dan berkembang secara perlahan-lahan.

Glaukoma sudut tertutup sangatlah jarang terjadi, serta dikenal sebagai penyakit mata glaukoma yang akut pasalnya terjadi secara tiba-tiba atau mendadak. Glaukoma sudut tertutup dapat menyebabkan kebutaan secara permanen dengan waktu yang cepat.

Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya penyakti glaukoma ialah peradangan dan infeksi parah pada mata, faktro dari penyakit lainnya, seperti : diabetes, serta efek dari obat-obatan steroid. Selain itu, risiko lainnya penyakit glaukoma ialah usia, karena usia 40 tahun.

Mengenali sejak dini penyakit mata glaukoma

Penyakit glaukoma biasanya menyebabkan saraf optik mata terganggu, maka mendiagnosis penyakitnya akan menjadi yang terbaik. Dokter spesialis mata akan memeriksa daya penglihatan mata pasien dan struktur dari bagian dalam mata. Sebuah prosedur untuk memeriksa tekanan mata juga akan dilakukan. Prosedur ini disebut tonometri. Biasanya dokter akan melakukan tes bidang visual untuk memeriksa apakah maata pasien telah berkurang penglihatannya.

Pengobatan glaukoma

Sangatlah penting untuk anda memeriksakan matanya ke dokter ahli, jika anda mengalami penurunan penglihatanya mungkin saja disebabkan oleh glaukoma atau penyakit mata lainnya. Secara umum, glaukoma bisa ditangani dengan obat tetes, obat-obatan yang diminum, terapi laser, serta prosedur operasi.

Namun kini sudah ada obat herbal yang mampu mengobati penyakit glaukoma secara alami aman tanpa operasi yakni dengan obat herbal kulit manggis plus daun sisrak dari ace maxs lah yang efektip dalam mengobati penyakit glaukoma.. Simak artikelnya Disini

Itulah artikel pengenalan penyakit mata glaukoma semoga banyak manfaatnya.

Post : Penyakit mata glaukoma

Artikel Terkait :

    glaukoma dikenal sebagai penyakit, urut mata glukoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *