Biaya Tes Kesehatan Ginjal

Biaya Tes Kesehatan Ginjal,- Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip dengan kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Biaya Tes Kesehatan Ginjal

Fungsi ginjal sangatlah penting untuk sistem metabolik tubuh manusia. Selain menjadi organ untuk menyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa, konsentrasi elektrolik, pengaturan tekanan darah, dan memproduksi vitamin D.

Untuk mengetahui kondisi ginjal, anda harus rutin melakukan memeriksa secara klinis, karena penyakit ginjal pada tahap awal tidak menunjukan keluhan atau gejala khusus. Dengan memeriksakan kondisi ginjal maka dapat menghambat kerusakan fungsi ginjal, serta mencegah penyakit komplikasi lainnya. Baca Juga : Obat Ginjal Bocor

Biaya Tes Kesehatan Ginjal Di Rumah Sakit

Tes Creatin : Rp. 27.000 – Rp. 45.000,-

Ginjal yang sehat berfungsi menyaring kreatinin (suatu produk sampah dari aktivitas otot atau racun hasil metabolisme yang dikeluarkan oleh ginjal) keluar dari darah. Lakukan tes darah di laboratorium, bila fungsi ginjal menurun maka kadar kreatinin darah bisa meningkat. Normalnya kreatinin dalam darah 0,6-1,2 mg per desiliter darah. Tapi bila fungsi ginjal terganggu maka ginjal tidak mampu mengeluarkan kreatinin yang optimal.

Ureum Rp. 30.000, – Rp. 45.000,-

Pemeriksaan kadar ureum dan kreatinin dalam darah ini juga dapat mengetahui adanya gagal ginjal akut atau tidak, suatu sindrom klinis yang ditandai dengan penurunan mendadak (dalam beberapa jam sampai beberapa hari) kecepatan penyaringan ginjal, disertai dengan penumpukan sisa metabolisme ginjal (ureum dan kreatinin).

Asam Urat Rp. 30.000, – Rp. 48.000,-

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan gout. Hasil tes biasanya baru keluar setelah satu hingga dua hari. Perlu diketahui bahwa bisa saja terdapat perbedaan acuan antara laboratorium satu dengan yang lainnya. Namun jangan khawatir, karena biasanya laboratorium akan mencantumkan acuan yang dipakai.

CCT / Creatinin Clearance Test Rp. 90.000,- – Rp. 95.000,-

Uji bersihan kreatinin paling sering dikerjakan dibandingkan yang lain. Pengumpulan urin dilakukan selama 24 jam. Nilai bersihan kreatinin lebih besar daripada nilai karena adanya sekresi kreatinin di tubuli.

Tes untuk deteksi gagal ginjal ini merupakan cara untuk mengetahui kesehatan ginjal Anda

Source : acemaxs31.com

Artikel Terkait :

    biaya cek ginjal, biaya cek fungsi ginjal, cara cek kesehatan ginjal, cek ginjal, biaya tes urine, biaya tes urin, cek kesehatan ginjal, biaya check up ginjal, biaya cek kesehatan ginjal, cara mengetahui kesehatan ginjal, biaya tes kreatinin, biaya tes fungsi ginjal, cara tes kesehatan ginjal, biaya tes kreatinine, cek fungsi ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *