Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan-untuk anda perempuan yang suka sakit haid berlebihan maka jangan anggap sepele karena itu bisa bisa penyakit pada diri anda. Oleh karena itu baca artikel saya supaya anda bisa mengatasi rasa nyeri di saat haid.

Apa Itu Nyeri Haid

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid BerlebihanNyeri haid atau dismenore adalah nyeri yang menyerang/terjadi di perut menjelang atau selama haid. Dalam keadaan yang normal, nyeri haid hanya membuat wanita merasa sakit dan tidak nyaman. Tetapi dalam keadaan yang parah, nyeri haid ini bisa membuat wanita tidak dapat bekerja dan harus beristirahat, nyeri sering bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, perasaan mau pingsan dan lekas marah. Ada 2 jenis nyeri haid atau dismenore ini yaitu nyeri haid (dismenore) primer dan nyeri haid (dismenore) sekunder.

Nyeri haid primer adalah nyeri menstruasi yang terjadi tanpa adanya kelainan ginekologik yang nyata. Nyeri haid primer terjadi beberapa waktu setelah menarke, biasanya sesudah menarke, umumnya sesudah 12 bulan atau lebih. Nyeri haid sekunder dikaitkan dengan penyakit pelvis organik, seperti endometriosis, penyakit radang pelvis, stenosis serviks, neoplasma ovarium atau uterus dan polip uterus. IUD juga dapat merupakan penyebab nyeri haid ini. Nyeri haid sekunder dapat disalahartikan sebagai nyeri haid primer atau dapat rancu dengan komplikasi kehamilan dini, terapi harus ditunjukkan untuk mengobati penyakit dasar.

ETIOLOGI ATAU PENYEBAB NYERI HAID (DISMENORE)

  • Penyebab pasti nyeri haid primer belum diketahui secara pasti. Diduga factor psikis sangat berperan terhadap timbulnya nyeri. Nyeri haid primer umumnya dijumpai pada wanita dengan siklus haid berovulasi.
  • Penyebab tersering nyeri haid sekunder adalah endometriosis (radang pada endometrium/rahim) dan infeksi kronik genitalia interna

10 Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Nah dengan hal-hal yang demikian sebaiknya kaum hawa bisa mengurangi mengosumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri, dan untuk mengurangi rasa nyeri berikut saya terangkan 10 Tips Alami Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid :
  1. Vitamin B1 dan B2
    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada University Of Massachusetts, wanita yang mengosumsi Vitamin B1 dan B2 secara rutin akan mengalami nyeri pada waktu haid lebih ringan. dari penelitian tersebut bukan hanya dengan mengosumsi Vitamin B 1 dan B 2 saja tidak cukup tapi juga harus diasupi dari bahan makanan. artinya harus ada beberapa pengaruh yang sinergis antara vitamin dengan nutrisi yang dikosumsi.
  2. Biji-bijian Utuh
    Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa penelitian bahwa vitamin B 6 yang dapat ditemukan pada biji-bijian sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala nyeri pada saat haid, dengan mengosumsi makanan berkabohidrat selama masa haid hal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri pada saat haid. namun dengan demikian kaun hawa perlu juga memastikan bahwa ia memakan seluruh karbohidrat dalam bentuk biji-bijian karena karbohidrat yang berada dalam makanan olehan dapat membuat nyeri tersebut menjadi buruk. dikarenakan sumber makanan-makanan tersebut yang telah mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.
  3. Kalsium dan Vitamin D
    Kalsium dan juga vitamin D ini sangat membantu meringankan gejala nyeri pada saat haid jika dikosumsi sejak dini. Vitamin yang baik ialah vitamin yang kita dapat dari sumber makanan yang alami selin kandungan nutrisinya makanan tersebut juga bermanfaat untuk organ-organ tubuh yang lainnya. Kalsium dan vitamin D ada baiknya kita minum secara bersamaan karena hal tersebut akan sangat membantu dalam penyerapan kalsium ketubuh kita. Dalam kasus ini, mengosumsi suplemen untuk kebutuhan kita akan sangat membantu dan meringankan gejala depresi, kelelahan dan hilangnya nafsu makan.
  4. Chaste Tree Berry
    Chaste Tree Berry dalam sebuah penelitian yang dilansir British Medical journal sangat efektif untuk mengurangi rasa mudah marah, depresi, nyeri payudara, dan sakit kepala. bagi kaum wanita yang sedang mengosumsi beberapa obat untuk mengatasi gangguan hormon tidak diperkenankan untuk mengosumsi chaste tree berry dikarenakan berintereksinya dengan obat utama.
  5. Magnesium
    Magnesium telah lama dipelajari oleh para peneliti dalam hal mengurangi rasa nyeri pada saat datangnya haid. dengan hasil yang konsisten menunjukkan mangnesium sangat membbantu untuk meringankan gangguan suasana hati pada saat haid sperti depresi dan mudah tersinggung. untuk jumlah magnesium bervariasi bagi tiap-tiap individu yaitu dengan kisaran antara 200-360 mg dengan mengosumsi sebanyak 3 kali. bagi pasien yang mempunya penyakit ginjal dan jantung harus berkonsultasi terlebih dahulu kedokter sebelum mengosumsi magnesium karena dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi.
  6. Evening Primrose Oil
    Evening Primrose Oil ini terjadi beberapa kontroversial efeknya dalam menredakan rasa nyeri pada saat haid. secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan-bahan ini mungkin saja efektif namun perlu diteliti oleh lanjut dari para peneliti.
  7. Akupunktur
    Cara yang satu ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Menurut teknik kepercayaan pengobatan tradisional Cina ini, masalah kesehatan disebabkan karena adanya energi stagnan dalam tubuh manusia. Meskipun dengan sedikitnya bukti ilmiah mengenai cara kerja akupuntur. trik pengobatan tradisional ini menunjukkan bukti yang sangat mendukung keampuhan dalam pengobatan diatas.
  8. Pijat
    Dari hasil penelitian Touch Research Institue di University Of miami School, Pijat sangat efektif demi mengurangi rasa nyeri pada saat haid. trik pijat ini sangat efektif untuk mendorong sirkulasi getah bening dan juga mengurangi retensi cairan dalam tubuh untuk gejala depresi dan rasa sakit. bagi kaum wanita yang menjalani trik ini disarankan agar banyak minum air putih untuk membantu pembuangan kelebihan zt racun dan cairan dalam tubuh setelah pemijatan. karena teknik pemijatan ini merupakan teknik non-ivasif dan bebas kimia. dan dapat dipastikan sangat aman bagi semua orang.
  9. Perubahan Pola Makan
    Perubahan Pola Makan dapat juga membantu meringankan gejala fisik nyeri pada saat Haid. dengan mengurangi asupan garam dalam tubuh bisa membantu meringankan pembengkakan, nyeri payudara dan juga pusing-pusing. kurangi juga kafein untuk membantu gejala depresi, hindari alkohol agar tidak sakit kepala dak mual-mual. dengan meningkatkan asupan air akan membantu meringankan sakit kepala, pembengkakan dan juga nyeri otot.
  10. Olahraga
    Dengan berolahraga trik yang satu ini juga dapat membantu meringankan nyeri otot, terutma diperut bagian bawah dan daerah punggung serta membantu mengurangi retensi air. olahraga sangat berguna bagi mereka yang mengalami insomnia dalam masa siklus haid. karena olahraga merupakan pembangkit energi yang alami serta akan membantu juga dalam meringankan gejala kelelahan. namun dalam berolahraga pastikan agar tidak berlebihan, karena ditakuti beberapa gejala seperti pusing dan mual akan menjadi lebih buruk.

Semoga artikel saya menambah pengetahuan anda tentang cara mengatasi menstruasi.

Untuk mengetahui Obat Nyeri Haid silahkan hub ke :


SMS & Telp : 082130874141
PIN BB : 27d08152

Artikel Terkait :

    vit buat pasien dismenore yang biasa digunakan, cara meredakan disminoreae akut, jurnal meredakan nyeri haid, jurnal kasiat bunga pisang untuk mengatasi nyeri haid, jurnal cara mencegah nyeri menstruasi dengan cara, jurnal cara cara mengatasi dismenore, jagung adalah makanan yang membantu meringankan jahitan apa tidak, disminorhea berlebih, dismenore berlebihan, cara mengobati gagal saat menstruasi, cara mengatasi disminore jurnal, cara mengatasi dismenore jurnal, cara mengatasi dishminore yang berlebiham, cara mengatasi diamenorea menurut penelitani, cara memijat kon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *