Antioksidan

Antioksidan zat yang bagus yang terkandung didalam buah-buahan, sayuran dan makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Karena alasannya zat senyawa ini dapat menetralisir polusi atau zat radikal bebas didalam tubuh secara cepat.

Asap rokok, asap dari kendaraan serta makanan terkena pestisida merupakan sumber radikal bebas yang akan merusak sel-sel didalam tubuh dan pemicu penyakit degeneratif. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan sangat kami anjurkan.

Makanan yang mengandung banyak antioksidan

Makanan yang mengandung banyak antioksidan

Baca juga artikel manfaat dari apel

Radikal bebas adalah merupakan zat yang akan merusak sel-sel dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kondisi yang buruk untuk tubuh. Untuk mencegah dari kerusakan akibat radikal bebas, tubuh membutuhkan zat antioksidan dengan cukup.

Antioksidan Melawan Radikal Bebas

Antioksidan zat yang akan melindungi tubuh anda dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan bahan kimia hasil dari proses pencernaan makanan serta dari akibat asap rokok, kendaraan dan radiasi. Radikal bebas dapat menyebakan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan sakit jantung.

Di masa sekarang radikal bebas sangatlah tinggi karena dikota-kota besar tingkat polusi atau pencemarannya sangatlah tinggi, maka dari itu antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tubuh anda tidak dapat memproduksi antioksidan yang banya oleh karena itu anda di wajibkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang cukup setiap hari.

Sumber Antioksidan Dan Jenisnya

Ternyata antioksidan banyak jenisnya. Vit C dapat mencegah dari kerusakan serta menetralisasi kadar radikal bebas dalam tubuh, Vit E berfungsi sebagai pemecah dari rantai radikal bebas dalam tubuh, flavonoid jenis yang terbesar dari antioksidan yang terdapat pada makanan. Tiap-tiap antioksidan mempunyai fungsi yang berbeda. Tubuh sangat memerlukan vitamin serta mineral untuk melindungi dari bahaya radikal bebas.

Sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan berwarna merah, orange, kuning, dan ungu. Contoh makanannya seperti dibawah ini :

  • Buah : pir, apel, anggur, jeruk, nanas,pisang, mangga, pepaya, stroberi dan bluebarry.
  • Sayuran : asparagus,¬†kubis merah, tomat, brokoli, ubi merah.
  • Kacang : pecan, almond serta kenari.

Selain makanan yang di atas. Cokelat, teh dan kopi juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sebisa mungkin anda konsumsi makanan yang mengandung antioksidan supaya mendapatkan kesehatan yang lebih.

Lebih Baik Sayuran Dan Buah-buahan

Penelitian oleh paraahli kesehatan bahwa suplemen yang mengandung antioksidan belum tentu berkhasiat bagus untuk tubuh kita. Tapi sebaliknya sayuran dan buah-buahan yang segar akan memberikan dampak postif untuk tubuh. Terlebih suplemen ini dapat mendatangkan risiko lainnya.

Suplemen yang mengandung antioksidan dapat mendatangkan komplikasi jika dikonsumsi berbarengan obat lain, suplemen antioksidan ternyata berdosis tinggi yang dapat mendatangkan risiko jelek untuk kesehatan. Jika seorang  perokok dan mengkonsumsi suplemen betakaroten akan menyebabkan kanker paru paru. Sementara obat atau suplemen vit E dengan dosis tinggi dapat menimbulkan penyakit stroke dan kanker prostat.

Daripada mengkonsumsi obat suplemen lebih baik untuk mengkonsumsi buah dan sayur segar saja, karena buah dan sayur merupakan sumber antioksidan alami terbaik. Disarankan mengkonsumsi yang mengandung vit E, C, dan karotenoid, tanin, flavonoids, fenol and lignan. Semua itu akan menjaga tubuh kita dari penyakit.

Itulah artikel kami yang membahas tentang pentingnya antioksidan untuk kesehatan tubuh kita.

Post : Peranan antioksidan untuk tubuh

Artikel Terkait :

    antioksidan dan jenisnya, fungsi antioksidan bagi pengelola makanan, nama obat pencegah radikal bebas yg bagus, nanas pisang ace mangga adalah makanan, obat anti oksidan asap rokok, untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *