6 Fakta Tentang Diabetes Melitus

6 Fakta Tentang Diabetes Melitus, Anda mungkin sudah sering mendengar tentang diabetes. Namun belum tentu Anda mengetahui dengan jelas seperti apa penyakit diabetes itu bagi mereka yang telah mengalaminya. Sekali Anda terkena diabetes, maka Anda akan memilikinya seumur hidup.

6 Fakta Tentang Diabetes Melitus

Inilah 6 Fakta Tentang Diabetes Melitus

  1. Seringkali orang tak mengetahui ketika mereka terkena diabetes
    Banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka berisiko tinggi terkena diabetes dan baru mengetahuinya ketika tingkat diabetes yang mereka alami sudah parah. Jika Anda memiliki risiko diabetes tinggi, baik karena pola makan yang tak sehat, gaya hidup tak sehat, atau garis keturunan, maka pastikan untuk lebih berhati-hati. Periksakan diri setiap dua bulan sekali untuk melihat tingkat gula darah dalam tubuh. Lebih baik mencegah sebelum terlanjur terkena diabetes.
  2. Diabetes bisa memicu kebutaan dan penyakit jantung
    Jika tidak segera diobati, diabetes bisa memicu kebutaan dan juga penyakit jantung. Mata yang sudah terkena glaukoma tak akan bisa kembali normal, begitu juga dengan penyakit jantung. Ada baiknya untuk selalu mengecek tingkat gula darah agar diabetes yang diderita tidak sampai menyebabkan efek buruk pada organ tubuh yang lain.
  3. Hati-hati dengan luka terbuka
    Jika Anda menderita diabetes, hati-hati dengan luka terbuka. Luka akan lebih lama sembuh dan menutup pada pasien diabetes. Ini akan memperbesar kemungkinan luka terinfeksi, terutama pada bagian kaki dan tumit. Bersihkan kaki dengan hati-hati dan selalu gunakan alas kaki.
  4. Diabetes yang disebabkan obesitas bisa diatasi dengan operasi
    Jika diabetes yang Anda alami disebabkan oleh obesitas, maka ada cara untuk mengontrol gula darah Anda, yaitu dengan melakukan operasi bariatrik. Namun sebelum melakukannya sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, karena operasi ini juga memiliki efek samping dan risiko komplikasi sendiri.
  5. Diabetes tipe-2 biasanya tidak menunjukkan gejala
    Diabetes tipe-2 seringkali tidak menunjukkan adanya gejala. Hal ini yang membuat orang tak tahu mereka berisiko dan terkena diabetes hingga terlambat. Pada diabetes tipe-2, Anda akan menemukan gejala seperti sering buang air kecil dan mudah lelah. Namun untuk mengetahui diabetes tipe-2, Anda harus melakukan tes secara teratur.
  6. Diabetes akibat hamil bisa bertahan hingga bayi lahir
    Ketika hamil, wanita lebih rentan untuk mengalami diabetes yang disebut dengan gestational diabetes. Biasanya ini terjadi ketika wanita yang tak memiliki diabetes tiba-tiba mengalami peningkatan gula darah saat hamil. Diabetes jenis ini bisa sembuh dan hilang setelah bayi lahir, namun tak menutup kemungkinan juga masih terus berlanjut setelah bayi lahir. Jika Anda mengalaminya, jangan lengah. Terus terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat setiap hari.

Itulah Fakta Dari Diabetes Melitus.

Post : 6 Fakta Tentang Diabetes Melitus

Artikel Terkait :

    fakta tentang penyakit diabetes melitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *